Minggu, 30 Oktober 2011

Air Dari Padang Pasir

Dibaca dari judulnya mungkin sobat belum mengerti mengapa padang pasir bisa memberi air ?? saya juga sebenarnya bingung mau ngasih judul apa, saya pikir kesana kemari gak dapet judul yang pas buat entri cag'udz kali ini, tapi yasudahlah biar gak bingung mending sobat terusin aja bacanya.. alasan saya menulis entri ini karna saya pernah baca dari surat kabar bahwa ada orang di padang pasir yang meninggal karena kehausan . wah kasian tuh. Padahal dia masih bisa menolong dirinya sendiri tuh. dalam pembahasan kali ini saya pernah melakukan percobaan kecil-kecilan dengan mengunakan bak / peti yang berisi pasir penuh, sebagai perumpamaan padang pasirnya.. buatlah galian sedalam kira-kira 50 cm dan 30 cm saja lalu taruh sebuah mangkuk di tengahnya, kalau sudah tutuplah galian tersebut dengan menggunakan plastik bening usahakan agar lebar plastik lebih lebar dari galian, pinggirnya ditindih kuat-kuat dengan tanah, kalau sudah tepat ditengah-tengahnya dikasih batu sehingga plastik tersebut membentuk corong dan batunya tepat berada di atas mangkuk yang berada didalam galian. Tidak lama kemudian akan terbentuk butiran-butiran kecil yang kemudian mengalir dan jatuh ke dalam mangkuk. Mengapa demikian ?? jawabannya yaitu karena akibat pengaruh sinar matahari maka tanah yang ada dibawah plastik menjadi sangat panas dan menghasilkan suhu yang tinggi dan mengakibatkan udara yang tertutup menjadi jenuh dan membentuk butiran-butiran air yang semakin banyak butiran tersebut akan mengalir ke tempat yang rendah karena sifatnya, sehingga mangkuk yang berada dibawah akan terisi air dari tetesan-tetesan air yang ada di palstik itu.. sekiranya itu yang bisa saya share dari percobaan yang saya lakukan mudah-mudahan dapat memberi manfaat dan meluaskan wawasan pengetahuan sobat cag'udz.. salam hangat dari cag'udz Jangan Lupa tinggalkan ko,entar yaa ..

Leave a Reply

 
 
blog ini aku buat utk mnyambung erat persaudaraan kita , kelebihan dan k'kurangannya mhon dimaklumi. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers